[Panduan Pemula] Apa Itu SEO Dan Manfaatnya Bagi Kita?

20:41
image

Seo of Page merupakan suatu cara untuk pengoptimasian website dari luar. Artinya ini membutuhkan backlink, dan kualitas dari artikel sobat sendiri. Memperbanyak inbound link yang masuk pada website sobat, akan menambah kepercayaan google pada website sobat.


Sebagian orang menganggap pesaing adalah musuh, walaupun itu temen sendiri, kadang dianggap musuh. Banyaknya kompetisi dan begitu ketatnya persaingan, menjadikan hal ini tidak sehat. Namun ada banyak hal yang bisa didapat jika sobat memandangnya dengan baik.

Kegagalan adalah sesuatu yang tidak kita inginkan sama sekali. Saya sendiri adalah seorang blogger, entah itu sebutan hanya dari saya atau dari orang lain, saya juga tidak tahu.

Salah satu aspek dalam seo adalah membuat website yang mudah dipahami oleh Search Engine dan Google. Meskipun google sudah sangat canggih, mereka bekerja bukan dengan cara biasa, mereka juga harus memilah-milah mana situs yang paling relevan.

Salah satu elemen yang paling penting untuk membangun strategi pemasaran online adalah dengan seo. Setelah sobat mengetahui target pasar, maka akan dengan mudah untuk menetapkan suatu tujuan, baik dari segi konten dan nama web sobat sendiri.

Search engine memiliki 3 fungsi utama, yaitu indexing, crawling, dan serving. Google memang  search engine yang paling populer jika dibandingkan dengan search engine lainnya. Namun google sebenarnya hanya menggunakan 3 fungsi untuk menampilkan situs-situs di search enginenya.

Baca : Bagaimana Orang Interaksi Dengan Google?

Seo adalah adalah praktek untuk meningkatkan atau mempromosikan suatu web terhadap search engine. Ada banyak aspek dalam seo, dari mulai kalimat sampe kata-kata dalam web sobat. Terkadang seo hanyalah untuk memastikan web sobat terdeteksi atau tidak di mesin pencari.

Baca : Penyebab Postingan Blog Hilang Dari SERP Google

Berikut manfaat yang akan kamu dapat dengan menerapkan Optimasi SEO yang benar di website kamu.


Meningkatkan Trafik Blog Atau Website

Ini sudah jelas bahwa Optimasi SEO dapat meningkatkan trafik blog sobat secara signifikan, kenapa demikian? karena bayangkan saja jika artikel sobat selalu bertengger di posisi pertama mesin pencari, sudah pasti akan ada banyak orang yang melihatnya kemudian berkunjung ke blog sobat, selain itu orang-orang cenderung lebih menyukai artikel-artikel yang muncul pada page one google, termasuk saya salah satunya. Perhatikan gambar berikut.


image

Jika sobat perhatikan gambar diatas, artikel yang saya tulis tentang WordPress berada pada posisi pertama di mesin pencari google. Namun, saya kurang begitu yakin apakah memang artikel saya tersebut masuk dalam posisi pertama google jika sobat sendiri yang mencarinya di browser masing-masing karena saya pun masih melakukan optimasi seo pada blog saya sendiri sampai saat artikel ini ditulis ( silahkan sobat coba sendiri untuk memastikannya ). Namun, gambar diatas saya ambil hanya sebagai contoh karena kebetulan ada salah satu artikel saya yang mendapatkan posisi pertama di search engine.


Meningkatkan Trafik Organik

Manfaat yang ini masih ada kaitannya dengan poin yang pertama. Apakah sobat sudah mengenal apa itu Trafik Organik? jika belum, maka akan saya uraikan sedikit tentang apa itu trafik organik. Trafik Organik adalah trafik yang kita dapatkan langsung dari mesin pencari ( Google, Yahoo, dan Bing ) baik dari halaman gambar maupun daftar artikel.

Trafik organik amat disukai banyak orang, alasannya tentu saja karena dengan mendapatkan trafik organik, sudah dapat dipastikan bahwa artikelnya memiliki posisi yang cukup tinggi di mesin pencari, selain itu juga trafik organik adalah trafik yang berkualitas karena tepat sasaran dan berhasil mendatangkan banyak visitors yang sedang mencari informasi terkait dengan artikel yang sobat tulis.

Untuk mengetahui dari mana saja sumber trafik pada blog sobat, bisa dilakukan dengan dua hal.

1.) Dengan melihatnya langsung pada menu blogger sobat bagian statistik, perhatikan objek yang saya lingkari merah pada gambar di bawah ini, disitulah sobat bisa melihat daftar sumber trafik blog sobat, pada contoh gambar di bawah ini, banyak sumber yang berasal dari mesin pencari google.

image


2.) Cara kedua adalah dengan menggunakan Metode Google Analytics, cara ini berguna baik untuk pengguna Blogger.com maupun WordPress.com. untuk pengguna wordpress tinggal memasang pluginnya saja, sedangkan untuk pengguna blogger bisa langsung daftar pada website resminya disini Google Analytics dan ikuti saja instruksi-instruksi selanjutnya yang sangat mudah. tampilan pada website resminya akan seperti ini.

image


Saya menyarankan sobat untuk menggunakan medote yang kedua, yakni dengan menggunakan Google Analytics karena informasinya lebih akurat dalam menampilkan data pengunjung blog.

Trusted Branding

Percaya atau tidak, saat posisi website sobat berhasil bertengger di posisi yang tinggi pada mesin pencari maka akan semakin mudah dalam mengaitkan antara konsumen dengan produk yang ada pada situs sobat. sehingga hal ini pun akan semakin meningkatkan kepercayaan para product finder di internet dalam mencari produk-produk yang mereka inginkan, dan secara tidak langsung menumbuhkan kepercayaan yang tinggi untuk brand sobat.

Perlu diingat, bahwa dengan semakin banyaknya para pelanggan yang berminat terhadap produk yang sobat tawarkan, maka akan semakin berat tugas sobat dalam menangani berbagai kepentingan pelanggan terkait produk yang dibeli, maka layanilah dengan baik pelanggan-pelanggan yang datang, agar tetap menumbuhkan kepercayaan pelanggan terhadap brand yang sobat dirikan.

Nah, itulah sekilas artikel saya kali ini tentang SEO yang berjudul "[Panduan Pemula] Apa Itu SEO & Manfaatnya Bagi Kita?" semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua khususnya bagi yang sedang belajar tentang Optimasi SEO dalam upaya meningkatkan trafik blognya masing-masing.


Artikel Terkait

Previous
Next Post »