Cara Membuat Web Landing Page

02:57
image

Situs Landing Page adalah salah satu kebutuhan para internet marketer, sebab lewat situs landing page, para internet marketer bisa menangkap data seseorang dan menjadikan orang tersebut sebagai prospek dan calon pembeli produk mereka.

Situs landing page adalah salah satu jenis website yang cukup diperlukan dalam bisnis online. Bicara soal landing page, maka biasanya hal yang kita bicarakan tidak akan jauh dari marketing. Seperti yang kita ketahui  bahwa dalam bisnis, penting bagi kita untuk membangun daftar prospek, agar kita bisa berpromosi dengan efektif.

Nah, dalam kegiatan membangun daftar prospek (list building) dalam bisnis internet, maka jelas kita perlu yang namanya situs landing page. Sebagian dari sobat, pasti sudah pernah mengunjungi atau melihat yang namanya situs landing page. Seperti apakah website landing page itu? perhatikan gambar di bawah ini.

image

Gambar di atas adalah salah satu contoh situs landing page, secara sederhana Situs Landing Page adalah sebuah situs yang dibuat dengan tujuan untuk memenangkan data pengunjungnya, terutama data alamat email seperti yang dapat sobat lihat pada contoh gambar diatas, untuk selanjutnya pengunjung tadi diarahkan pada suatu tindakan tertentu. Tindakan yang diarahkan bisa berupa mengunjungi suatu website, membeli produk, mendownload sesuatu, dan banyak lagi.

Bicara soal situs landing page, maka pada artikel ini saya akan membahas mengenai cara mudah dan praktis untuk membangun situs landing page. Bagi sobat yang ingin membangun situs landing page, maka artikel ini akan membahasnya secara bertahap.

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk membangun situs landing page, misalnya dengan cara-cara berikut.


  • Menggunakan aplikasi (CMSwebsite (seperti WordPress.org, Blogger.com) yang diatur sedemikian rupa, sehingga bisa menjadi sebuah landing page.


  • Membuat situs landing page memakai software HTML editor.



  • Membangun landing page memakai fitur aplikasi yang ada di Facebook.



Nah dari beragam cara yang ada, ada salah satu cara yang bisa dibilang cukup praktis. Cara tersebut adalah dengan membangun situs landing page memakai aplikasi HTML editor. Jadi kita tidak harus jago dan pintar pemrograman website, tapi cukup manfaatkan fitur di software editor HTML nya, lalu sebuah tampilan web landing page yang cantik bisa dihasilkan. Mari kita bahas seperti apa caranya. Apa Saja yang Perlu Kita Siapkan?

Ada beberapa hal yang perlu sobat siapkan ketika ingin membangun sebuah situs landing page dengan memakai bantuan software editor HTML. Persiapan tersebut meliputi hal-hal berikut.


Hosting dan Nama Domain

Hosting nanti dipakai untuk tempat menyimpan file situs nya di internet, sementara nama domain akan dipakai sebagai alamat website landing page nya.

Software Editor HTML

Untuk software editor HTML ini tersedia banyak alternatif, mulai dari Microsoft Frontpage, Dreamweaver, hingga Page Breeze HTML.

Editor Template Website

Untuk template ini tidak mutlak, akan tetapi dengan adanya template web yang sudah jadi, pekerjaan sobat akan terasa lebih mudah. Jadi sobat tinggal mengedit tampilan template yang sudah jadi sesuai dengan kebutuhan dan selera sobat sendiri. Untuk template yang dipakai, sobat bisa coba template Minisite dari minisitegallery.com yang telah mendukung fitur Autoresponder.

Autoresponder merupakan alat pendukung yang berfungsi sebagai penangkap data prospek sobat, selain itu autoresponder juga sobat perlukan untuk melakukan follow up (tindak lanjut) terhadap prospek sobat.

Bagaimana Cara Membuat Situs Landing Page-nya? berikut caranya.

Setelah hal-hal yang dibutuhkan sudah siap, maka selanjutnya kita bisa mulai bekerja. Berikut beberapa langkah untuk membangun situs landing page-nya.


  • Pertama, sobat download dan siapkan dulu template yang akan digunakan. Setelah template nya siap, maka silahkan buka template tersebut memakai aplikasi HTML editor yang sudah sobat siapkan.
  • Selanjutnya, sobat bisa mulai mendesain tampilan situs landing page-nya.

Jika proses mendesain tampilan landing page nya sudah selesai, maka sobat tinggal menghubungkan autoresponder yang diperlukan dengan situs landing page nya.

Oke, setelah landing pagenya siap, maka sobat bisa upload situs landing page tersebut ke internet, dan tinggal menunggu hasil dari landing page yang sobat buat yang akan berupa data-data pribadi klien seperti misalnya email dan nama lengkap.

Nah, itulah sekilas artikel yang dapat saya bahas kali ini tentang "Belajar Membuat Web Landing Page", semoga bermanfaat bagi sobat semua terutama yang sedang belajar tentang tata cara desain web khususnya pembuatan landing page ini, jika ada yang ingin sobat tanyakan seputar artikel ini atau kurang paham, dan mungkin hanya ingin sekedar berdiskusi seputar artikel ini, silahkan sobat tuliskan pada kolom komentar yang telah tersedia.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »