Perbandingan Intel & AMD

02:30
image

Intel dan AMD, siapa sih yang belum mengenal dua perusahaan prossesor yang sudah lama bergelut di bidang perkomputeran dunia ini, bagi kamu yang sudah sering menggunakan komputer baik PC maupun laptop pasti salah satu dari kedua prossesor ini terpasang di PC atau laptop sobat.

Nah, jika sekarang kamu sudah paham tentang seluk beluk prosessor mulai dari definisinya secara umum, baik fungsi, jenis, dan lain-lainnya tentunya kamu akan mulai mencari-cari informasi tentang prosessor mana yang terbaik saat ini. Berhubung Intel dan AMD yang mendominasi pangsa pasar dunia saat ini, maka yang akan saya jelaskan adalah kedua merk ini terlebih dahulu.

Ok, untuk membandingkan kedua prosessor ini maka akan saya bahas dari 3 sudut pandang mulai dari harga, kinerja, dan dari segi kebutuhan konsumen.

1.) Harga


image


Intel

Untuk saat ini harga prosessor intel umumnya masih di atas prosessor AMD, hal itu dikarenakan oleh beberapa alasan berikut.

  • Pangsa pasar dunia masih dikuasai oleh prosessor Intel, sehingga berani memasang harga yang tinggi.
  • Intel lebih dulu diproduksi daripada AMD, sehingga menyebabkan Intel lebih dulu dikenal oleh masyarakat dibanding AMD.
  • Pamor Intel lebih tinggi ketimbang AMD dan lebih menang merk (Brand).
AMD

Jika kita sudah tahu bahwa intel lebih mahal, tentunya kita juga tahu AMD memiliki harga lebih murah daripada Intel, kita lihat saja alasan-alasan berikut.
  • Pangsa pasar saat ini masih dibawah Intel, namun bukan berarti kualitas dibawah intel juga.
  • AMD baru diproduksi setelah intel yang lebih dulu diproduksi yaitu pada tahun 1971.
  • Pamor dibawah Intel, namun kualitas tetap bersaing.
Jika, kita lihat perbandingan diatas Intel memang lebih mahal, namun untuk soal performa dan kualitas kedua merk ini tetap bersaing dan menjadi yang terbaik hingga saat ini untuk jajaran prosessor komputer.

2.) Kinerja


image


Intel

Dari segi kinerja sampai saat ini Intel mampu menyajikan hasil yang cukup memuaskan bagi para komsumennya, diantaranya sebagai berikut.
  • Intel dikenal lebih hemat listrik, hal itu dikarenakan Intel memiliki sebuah cache atau cadangan memori L2 yang berbagi untuk mengurangi daya dengan meminimalkan “lalu lintas” memori tapi meningkatkan kinerja dengan memungkinkan satu inti untuk menggunakan seluruh cache ketika core yang lain sedang tidak bekerja. Hanya Intel yang menyediakan kemampuan ini di seluruh segmen ( untuk saat ini ).
  • Pengaturan suhu di intel cukup baik, karena ketika suhu di prosessor sudah cukup panas, maka dia akan secara otomatis menurunkan kinerjanya, hal ini dapat menghindari overheat pada komputer khususnya laptop.
  • Intel tidak mengeluarkan suara bising dan berlebihan saat bekerja, itu karena terdapat tekonologi heatsink pada Intel, hal ini cukup menjadi poin penting bagi konsumen dalam hal user experience.
  • Intel bagus dan cocok dengan dunia multimedia, karena intel memang sudah dirancang untuk mampu menangani hal-hal yang berkaitan dengan dunia multimedia.
AMD

Untuk urusan kinerja prosessor, AMD juga tidak kalah dengan Intel dan memiliki keunggulan-keunggulan sebagai berikut.

  • AMD bagus dalam segi grafis dan gaming, karena AMD memang dirancang untuk mampu mengolah grafis dan kemampuan untuk menjalankan game dengan baik.
  • Mampu menangani aplikasi berbasis 64 bit dengan lebih baik, hal ini sangat penting mengingat banyak aplikasi saat ini yang sudah mulai beralih ke aplikasi berbasi 64 bit, begitu juga dengan game yang beredar saat ini.
  • Memiliki sistem deteksi virus otomatis, sehingga jika ketahuan ada file atau software yang mengandung virus maka prosessor tidak akan memprosesnya.
Untuk urusan kinerja, keduanya memiliki keunggulan masing-masing, Intel bagus dalam urusan multimedia sedangkan AMD bagus dalam segi grafis dan gaming. Namun, tentu saja kalian akan memilih dari kedua prosessor diatas sesuai kebutuhan dan kemampuan daya beli kalian masing-masing dan ini akan saya bahas di poin berikutnya.

3.) Kebutuhan Konsumen


image

Nah, inilah poin terpentingnya, ketika kamu akan membeli suatu produk baik Komputer laptop maupun PC, kamu harus tentukan dulu kadar kebutuhanmu, sehingga ini akan membantu kamu dalam memilih suatu prosessor yang sesuai dengan apa yang sedang kamu butuhkan. Jika kamu memang hobinya dalam urusan grafis dan gaming, maka kamu dapat memilih AMD selain harganya lebih murah dari Intel AMD juga sudah dirancang khusus untuk mampu menjalankan game dengan lebih baik dan cepat, jika keluhannya adalah panas yang berlebih pada prosessor AMD kamu bisa gunakan coolpad yang terbukti mampu mengurangi panas secara konsisten pada laptopmu. Sedangkan jika kebutuhanmu dalam hal multimedia maka prosessor Intel adalah pilihan yang tepat bagi kamu.
Perlu dicatat bahwa perbandingan diatas tidak bermaksud untuk mengunggulkan maupun menjatuhkan pamor salah satu produk, itu semua berasal dari semua informasi yang telah saya dapatkan baik dari pengalaman maupun dari berbagai sumber yang telah saya baca.
Perbandingan diatas sewaktu-waktu bisa saja berubah sesuai dengan semakin berkembangnya masing-masing merk dalam menyediakan produk yang dapat memuaskan dan memenuhi kebutuhan konsumennya.

Nah, kurang lebih seperti itulah perbandingan antara kedua prosessor yang telah banyak digunakan hingga saat ini, perlu saya ingatkan lagi bahwa perbandingan diatas tidak bisa menjadi satu-satunya acuan kamu dalam menentukan produk yang akan kamu beli, ini hanyalah berdasarkan informasi yang saya dapatkan dan pengalaman dalam menggunakan kedua prosessor diatas, carilah referensi sebanyak-banyaknya ketika kamu akan membeli suatu produk.

Semoga artikel ini membantu, dan jangan sungkan jika salah satu dari kamu ingin berbagi ilmunya atau hanya sekedar ingin sharing pengalaman dalam menggunakan kedua produk diatas untuk dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

6 komentar

Write komentar
ayuni
AUTHOR
10 September 2017 at 05:48 delete

Bagus, artikelnya bermanfaat :)

Reply
avatar
Sarjana Desa
AUTHOR
10 September 2017 at 06:12 delete

Intel memang mntabb gan,, hhe tapi amd ane punya hha..

Reply
avatar
rizkiaulia
AUTHOR
10 September 2017 at 06:15 delete

mantap artikelnya bisa jadi pengalaman jika mau beli pc ni. thank gan

Reply
avatar
10 September 2017 at 23:18 delete

ane prnah pke dua2nya hehe...

Reply
avatar
11 September 2017 at 04:49 delete

Nice artikel, ternyta perbandingan intel dan AMD sangat beda yah..tetpi sya lebih suka intel

Reply
avatar