5 Tanda Kamu Sudah Kecanduan Media Sosial

22:54


image

Media Sosial merupakan hal yang tak dapat dipisahkan terutama bagi kalangan generasi muda saat ini baik pria maupun wanita, ada berbagai macam alasan yang membuat mereka tak ingin lepas dari yang namanya media sosial. Semakin canggihnya teknologi membuat mereka yang tadinya awam teknologi semakin mudah untuk mengakses internet, bahkan anak kecil sekalipun baik yang tinggal di desa maupun di daerah perkotaan sudah sangat mengerti tentang cara menggunakan media sosial tanpa ada yang mengajari sekalipun.

Sepintas hal ini memang membawa dampak yang positif, kita jadi melek teknologi dan tidak tertinggal oleh kemajuan teknologi yang berkembang begitu pesat, informasi jadi lebih mudah diakses, pola pikir yang semakin maju, dan masih banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari media sosial yang kita gunakan sehari-hari.


Namun, walaupun membawa cukup banyak manfaat yang positif, tentusaja media sosial juga memiliki dampak negatif yang dapat mempengaruhi perilaku dan keseharian kita, untuk itu saya akan memberikan 5 gambaran bagi kamu yang mungkin sudah kecanduan media sosial, berikut ulasannya.



1.) Akun Media Sosial Selalu Menjadi Yang Pertama Kali di Cek Saat Bangun Tidur

Bagi kamu yang merasa melakukan hal ini setiap baru bangun tidur, maka waspadalah bisa jadi kamu sudah kecanduan media sosial, pasalnya banyak hal lain yang lebih penting daripada sekedar mengecek akun sosial media, kamu bisa langsung cuci muka dan ambil air wudhu lalu menunaikan ibadah sholat subuh (bagi yang menunaikannya), atau kamu bisa melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat lainnya, silahkan introspeksi diri.

2.) Selalu Mengeceknya Setiap Saat

Kamu tidak pernah absen dan tidak peduli waktu dalam mengecek media sosial, frekuensi mengecek sosial media kamu yang tinggi bisa menandakan kamu kecanduan media sosial, baik ketika sedang bekerja, belajar, maupun berkumpul bersama teman-teman, kamu selalu saja sibuk dengan smartphonemu sendiri karena keasyikan bermain facebook, twitter, instagram, dll. Alhasil waktu berkumpul bersama teman-temanmu sendiri menjadi terbuang sia-sia. Apakah kamu salah satunya?

3.) Semuanya Tidak Luput Menjadi Bahan Jepretan dan Membagikannya di Media Sosial 

Memang boleh kita membagikan atau sharing tentang apapun yang sedang kita lakukan, karena memang itulah salah satu fungsi dari adanya media sosial. Namun, sangat tidak bijak juga jika beranda media sosial penuh dengan foto-foto yang dibagikan oleh kamu seorang, sebentar-sebentar uploud foto tentang makanan, lalu beberapa menit kemudian upload lagi tentang tempat-tempat yang kamu kunjungi, ingat feed atau beranda media sosial bukan hanya milik kamu seorang, orang lain pun berhak menggunakannya. Ada yang tersinggung :D? 

4.) Kamu Sering Khawatir Jika Tiba-tiba Baterai Ponselmu Habis dan Lupa Bawa PB

Nah, inilah yang sering saya lihat akhir-akhir ini, dan kebetulan saya mengingatnya maka langsung saja sekalian akan saya share disini. Ketika saya mengikuti perkuliahan selalu ada saja orang-orang yang sibuk mencari-cari PB alias Point Blank Power Bank, terutama perempuan, saya awalnya mengira memang ada hal yang benar-benar penting dan krusial sampai-sampai mereka sibuk mencari-cari PB dan khawatir ponselnya keburu tewas, tapi pas saya lihat dan tanyakan ternyata hanya sedang asyik membuka media sosial saja, sungguh prihatin memang, ketika dosen menjelaskan materi kuliah malah banyak yang asyik dengan urusannya sendiri, meding kalo bermanfaat, lah ini hanya membuang-buang waktu berharga saja, begitupun di tempat lain bukan hanya di kelas saja saat mengikuti perkuliahan.

5.) Sangat Merasa Tidak Nyaman Saat Ponsel Ketinggalan di Rumah

Untuk poin terakhir ini sebenarnya tidak jauh beda dengan poin diatas yaitu poin nomor 4, intinya karena kamu tidak bisa dekat dengan ponselmu walau hanya sebentar saja kamu mengalami kejang-kejang, mual, dan pusing rasa tidak nyaman dan cemas yang berlebihan, ingatlah sobat ponsel bukanlah segala-galanya apalagi media sosial, mereka hanyalah sekedar media yang dapat membantu kamu untuk lebih produktif jika kamu menggunakannya dengan bijak, jangan hanya karena ponsel tertinggal di rumah saja kamu jadi malas melakukan apapun.

Nah, diatas adalah tanda-tanda yang sudah sangat erat kaitanya dengan para pecandu media sosial, jika kamu memiliki salah satu ciri diatas, maka kamu perlu waspada dan segera untuk memperbaikinya, untuk itu saya akan memberikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam menggunakan media sosial agar terhindar dari dampak-dampak negatif yang tidak diinginkan.

Berikut tips yang dapat kamu praktekan agar lebih bijak dalam bersosial media.

  • Cobalah untuk menyesuaikan penggunaan media sosial dengan kebutuhan atau minat kamu. Contoh, kamu yang memiliki hobi fotografi atau membuat video, dapat menggunakan media sosial seperti Instagram dan YouTube. Atau kamu yang memiliki bisnis, dapat membuat Fans Page di Facebook atau akun resmi di Line. Jadi, dengan menerapkan hal ini kita tidak hanya menggunakan media sosial untuk sekedar narsis dan melakukan hal-hal yang kurang bermanfaat.
  • Batasi penggunaan media sosial. kamu bisa menjadwalkan untuk menggunakan media sosial pada jam dan durasi tertentu. Jadwal tersebut akan menghindarkan kemungkinan kamu mengakses media sosial di sela-sela aktivitas yang ada, sehingga kamu bisa lebih produktif dalam menjalankan aktivitas tersebut dan dapat terhindar dari kecanduan bersosial media.
  • Jika kebiasaan untuk sekadar melihat laman home media sosial (Facebook, Twitter, dan Instagram) sulit dihilangkan, cobalah alokasikan waktu luang singkat, seperti ketika berada di kendaraan umum atau menunggu antrean untuk melakukan kebiasaan tersebut. Dengan mengalokasikan waktu luang tersebut, kamu bisa tetap mendapat informasi terkini, tapi tidak kehilangan waktu kamu untuk aktivitas lain yang lebih penting.

Nah, itulah kira-kira yang dapat saya bagikan di artikel kali ini, bagaimana apakah kamu salah satu orang yang sudah kecanduan media sosial? jika iya maka segeralah bertobat dan praktekan tips-tips singkat diatas, atau kamu bisa juga menguranginya dengan caramu sendiri, intinya agar kamu terhindar dari efek-efek negatif yang disebabkan oleh media sosial. selamat mencoba!

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

16 komentar

Write komentar
Islam Qadimah
AUTHOR
9 September 2017 at 03:53 delete

zaman sekarang memang ketergantungan pada gadget begitu tinggi

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9 September 2017 at 07:44 delete

ijin sharing ke temen ya mas

Reply
avatar
ikbal
AUTHOR
9 September 2017 at 09:33 delete

Waaduh kaya nya saya sudah kecanduan nih.

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9 September 2017 at 09:59 delete

kalo udah terkena effeknya mungkin baru sadar wkkwkw

Reply
avatar
Dewailmu
AUTHOR
9 September 2017 at 10:00 delete

Sepertinya saya sudah kecanduan gadget soalnya saya setiap bangun tidur cek fb dan wa

Reply
avatar
Unknown
AUTHOR
9 September 2017 at 10:20 delete

pecandu juga nih saya =(

Reply
avatar
Aziz Ramdan
AUTHOR
9 September 2017 at 10:24 delete

untung ane belum sampe kecanduan

Reply
avatar
9 September 2017 at 20:02 delete

yup, bner skali dan tdk pandang umur hehe

Reply
avatar
9 September 2017 at 20:04 delete

perlu waspada berarti :)

Reply
avatar
9 September 2017 at 20:07 delete

efeknya gk kerasa sih :)

Reply
avatar
9 September 2017 at 20:09 delete

bgs gan, perlu dipertahankan biar gk terkena efek negatifnya

Reply
avatar
10 September 2017 at 23:34 delete

bgs gan, perlu dipertahankan biar gk terkena efek negatifnya

Reply
avatar